Yuk, Kenali Lebih Dekat Sejarah Komputer

EVERYLOGI - Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Komputer saat ini pun tidak hanya untuk menghitung dan mengolah data, namun bisa digunakan untuk bermain game, mendengarkan musik, menonton film, membuat animasi dan lain-lain. Tapi, apakah kalian mengetahui siapa yang berjasa dalam bidang komputer sehingga kita bisa menggunakan fasilitas-fasilitas canggihnya? Berikut kami sajikan informasinya.

Apa itu Komputer?
sumber : vecteezy.com
Komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan pada alat tersebut. Kata komputer pada awalnya sih dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan alat bantu maupun tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Istilah yang lebih cocok disematkan untuk arti luas seperti "komputer" adalah "sebuah alat yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Pada awalnya , pengolahan informasi yang dilakukan oleh komputer sendiri berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi lambat laun komputer mulai dipakai untuk banyak kegiatan yang tidak berhubungan dengan matematika. 

Istilah komputer sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu 'to compute' yang berarti menghitung, sementara dalam bahasan latin disebut dengan 'computare'. Menurut konsep dasarnya komputer adalah semua jenis perangkat elektronik yang dapat melakukan perhitungan operasi aritmatika, jadi kalau kalian menemukan perangkat elektronik yang bisa melakukan operasi hitung seperti kalkulator, handphone, laptop dan perangkat serupa lainnya yang bisa mengerjakan perhitungan aritmatika, maka perangkat tersebut termasuk dalam kategori komputer.


Charles Babbage ‘Si Bapak Komputer’
sumber : bookkake.com
Pelopor, atau penemu Komputer(kalkulator) adalah seorang ilmuwan didunia sekaligus ahli matematika yang bernama Charles Babbage. Karena penemuannya dibidang komputerlah Charles Babbage kemudian disebut sebagai ‘Bapak Komputer’ karena jasa beliaulah cikal bakal penciptaan komputer.Sejak saat itu temuan Babbage terus dikembangkan terutama penemuan komputer modern yang dibuat oleh Alan Turing.


Model Komputer Pertama
sumber : theverge.com
Tahun 1821 Babbage menciptakan sebuah mesin yang dapat menyusun tabel matematika, mesin ini dinamai dengan Difference Engine. Saat menyempurnakan mesin tersebut pada tahun 1832, Babbage mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis operasi namun berbagai jenis operasi aritmatika. Mesin ini memiliki kemampuan memanipulasi simbol umum, penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukkan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya. Mesin ini bernama Analytical Engine yang diciptakan pada tahun1856.

Karya yang ditemukan Babbage kurang begitu terkenal sampai suatu saat dia bertemu dengan, Ada Countess of Lovelace, anak dari Lord Byron. Babbage bertemu dengan ada di sebuah acara yang diadakanapada tanggal 6 Juni 1833. Sembilan tahun berlalu, Luigi Federico Manabrea (seorang insinyur dari Italia) menjelaskan cara kerja Analytical Engine, Lalu diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Ada Lovelace di tahun 1843. Mulai saat itulah karya Charles Babbahe mulai terkenal hingga pelosok negeri.

Walaupun penemuan Babbage dihargai oleh berbagai institusi sains, Pemerintah Inggris menghentikan sementara pendanaan untuk proyek Difference Engine pada tahun 1832, dan akhirnya dihentikan seluruhnya tahun 1842. Difference Engine-pun hanya terwujudkan sebatas rencana dan desain belaka. Babbage medapat gelar the Lucasian chair of mathematics (gelar professor matematika paling bergengsi di dunia) yang diberikan oleh Universitas Cambridge. 

Selain penemuannya dibidang komputer, Babbage juga memberikan berbagai kontribusi lain, diantaranya menciptakan sistem pos modern di Inggris, menyusun table asuransi pertama yang dapat diandalkan, menemukan locomotive cowcather (struktur berbentuk segitiga di bagian depan kereta api, yang mampu membersihkan rel dari gangguan) dan beberapa penemuan lainnya.

Dibalik seluruh keberhasilannya, kegagalan dalam proyek Difference Engine, yang disebabkan pemberhentian pendanaan membuat Babbage mengalami kekecewaan, dan kesedihan dalam hidupnya. Babbage-pun meninggal dunia dirumahnya yang berada di London pada tanggal 18 Oktober 1871.

Sejarah perkembangan komputer
sumber : scoop.it
-Tahun 1822 
 Charles Babbage Mesin yang diciptakan Babbage membantu manusia pada zaman itu dalam melakukan operasi hitung. Mesin yang tidak selesai dibuat Babbage kini berada di London Museum of Science. Dari sinilah cikal bakal komputer diawali.
-Tahun 1937 
 Dr. John V Atanasoff, dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektronis pertama, Dengan nama ABC (Atanasoff Berry Computer), ABC sendiri hanya dapat melakukan operasi hitung tambah dan kurang.
-Tahun 1943 Selama Perang Dunia 2
 Sorang Ilmuwan berkebangsaan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
-Tahun 1944 
 Howard Hathaway Aiken membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. yang memiliki luas sekitar 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat sekitar 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
-Tahun 1945 
 Dr. John von Neumann menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.
-Tahun 1946 
 Dr. John W, Mauchly, dan J Presper Eckert jr menyelesaikan sebuah komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER.
-Tahun 1947 
 William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain menemukan Transistor pertama didunia. Semenjak transistor ditemukan, ukuran komputer semakin mengecil.

NAMA KOMPUTER KOMERSIL PERTAMA DIDUNIA.
sumber : computerhistory.org
Komputer komersi pertama didunia bernama ENIAC(Electronic Numerator Intregrator Analyzer and Komputer) yang memiliki bobot sekitar 27 ton dan, ukurannya sekitar 2,4m x 0,9m x 30m, dan membutuhkan energi sebesar 160 kWENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m persegi, memiliki 17.468 tabung vakum, dengan 7.200 diode kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 10.0000 kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan. ENIAC awalnya dibuat untuk keperluan militer, namun lambat laun dipakai untuk umum. Komputer ini tidak bisa menyimpan data. Waktu pertama kali komputer ini dinyalakan, seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati.

ENIAC Sendiri tidak hanya dapat melakukan operasi tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. ENIAC sendiri  dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly, dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering yaitu sebuah universitas yang bernama University of Pennsylvania, dan baru selesai pada tahun 1946.

Semua input dan output dilakukan melalui kartu plong. ENIAC 1.000 kali lebih cepat dari Mark 1 karena, dalam kurun waktu satu detik-an, ENIAC mampu melakukan 5.000 proses perhitungan dengan 10 digit angka, yang jika dilakukan secara manual akan menghabiskan waktu sekitar 300 hari, dan ENIAC memiliki sistem iperasi tercepat dibanding komputer mekanis pada zamannya.. ENIAC dioperasikan sampai tahun 1955. Teknologi yang digunakan pada ENIAC menggunakan tabung vakum yang dipakai oleh Laboratorium Riset Peluru Kendali Angkatan Darat (Army’s Ballistics Research Laboratory-LBR) Amerika Serikat.

Pada tahun 1947 mesin ini mulai dikembangkan dengan bebereapa perbaikan, yang disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik terprogram modern yang disediakan secara komersial dengan nama EDVAC, EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator), UNIVAC 1, dan UNIVAC2 (Universal Automatic Computer) yang dikembangkan oleh Eckert, dan Mauchly.

Mesin penghitung (Difference Engine no.1) yang ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama.Ya, Semuanya tak terlepas dari kontribusi sang ahli matematika Charles Babbage, walaupun proyek beliau tidak terlaksana sepenuhnya karena kurangnya dana, Tapi beliau memiliki pengaruh yang besar bagi dunia teknologi khususnya dibidang komputer.

Posting Komentar

0 Komentar