Ayo, Kenali Istilah-Istilah Yang Jarang Orang Ketahui

EVERYLOGI - Kata ini mungkin sangat asing terdengar oleh telinga, terlihat oleh mata, maupun terbaca oleh mulut, Karna memang pemakaiannya yang sangat jarang digunakan oleh masyarakat umum. Kata ini Sering digunakan dalam pelajaran Matematika murni, Karna sering diucapkan oleh Matematikawan.Kata-kata tersebut adalah Aksioma, Definisi, Postulat, Proposisi, Teorema, Dalil, Lemma, Corollary,dan Konjektur.Berikut kami sajikan informasinya.

Aksioma
Apa itu Aksioma?, Aksioma merupakan sebuah pernyataan yang dapat kita terima sebagai suatu kebenaran, dan bersifat umum, yang dapat dibuktikan, tanpa adanya pembuktian.bisa juga disebut sebagai sebuah ketentuan yang sudah mutlak kebenarannya. Aksioma sendiri berasal dari bahasa Yunani 'axioma' yang berati 'untuk dianggap layak' atau 'untuk diminta', kadang kala diartikan sebagai 'pendapat umum'. Seperti operasi hitung matematika berikut, 1+1=2 

Definisi
Definisi adalah sebuah pernyataan yang dibuat menggunakan konsep yang tak terdefinisi atau konsep yang telah terdefinisi sebelumnya. Konsep yang tak terdefinisi didalam geometri seperti titik, garis, bidang, dan ruang.

Postulat
Postulat adalah sebuah pernyataan dalam matematika yang disepakati benar tanpa perlu adanya pembuktian. Sebagian orang mengatakan Postulat sama dengan aksioma Aksioma sehingga mereka dapat dipertukarkan, karena didalam suatu materi terkadang telah ditentukan pernyataan yang telah disepakati kebenarannya, sehingga disebut Aksioma.Postulat berasal dari bahasa Latin 'postular' yang artinya 'untuk menuntut

Proposisi
Proposisi adalah suatu hubungan logis yang terjadi antara dua buah konsep. Misalnya adalah di dalam penelitian tentang mobilitas penduduk, proposinya mengatakan jika "Proses migrasi tenaga kerja ditentukan oleh upah".Dalam penelitian sosial dikenal 2 jenis proposisi. Yang Pertama adalah Aksioma, atauPostulat, sedangkan yang kedua adalah Teorema. Dimana Aksioma adalah proposisi yang kebenarannya sudah mutlak, alias tidak perlu lagi penelitian lanjutan, sedangkan Teorema adalah proposisi yang didedukasikan dari sebuah Aksioma.

Teorema
Teorema adalah sebuah pernyataan. Secara logika, sebuah teorema adalah pernyataan dalam bahasa formal yang daat diturunkan dengan mengaplikasikan aturan inferensi dan aksioma dari sebuah sistem deduktif.Teorema adalah pernyataan hubungan definisi dengan definisi lainnya. Teorema adalah suatu pernyataan dalam bidang matematika yang masih memerlukan pembuktian, dan pernyataanya dapat ditunjukkan nilai kebenarannya atau bernilai benar.

Dalil
Dalil adalah kebenaran yang diturunkan dari aksioma, sehingga kebenarannya perlu dibuktikan terlebih dahulu. Dalil (theorem) biasanya digunakan pada bidang matematika, hukum pada ilmu alam, dan masih banyak lagi.

Lemma
Lemma adalah suatu teorema sederhana dipergunakan sebagai hasil-antara dalam pembuktian teorema yang lain.

Corollary
Corolarry adalah sebuah proposisi yang bisa secara langsung diperoleh dari suatu teorema yang sudah kita buktikan sebelumnya.

Konjektur
Konjektur adalah sebuah pernyataan yang mana nilai kebenarannya tidak ada, ataupun belum kita ketahui, dan setelah pembuktian berhasil kita lakukan, maka secara langsung konjektur berubah menjadi sebuah Teorema.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa aksioma, dan postulat dua hal yang berbeda. karena Aksioma memiliki nilai benar yang mutlak di sebagian besar ilmu pengetahuan, sedangkan postulat hanya memiliki nilai benar di ilmu yang lebih spesifik, karena postulat dapat dibuktikan dengan aksioma.

Posting Komentar

0 Komentar