14 Keutaman dan Berkah yang bisa kita dapatkan dibulan Suci Ramadhan

EVERYLOGI - Ramadhan bulan penuh berkah, didalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Sangat beruntunglah bagi kalian yang masih bertemu dengan bulan Ramadhan dan bisa berbuat kebajikan disetiap harinya. Malam lailatul qadar yang terdapat pada 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Ramadhan merupakan bulan yang penuh kesabaran, dan balasan kesabaran adalah surga. Ramadhan adalah bulan yang penuh akan santunan, bulan yang di mana Allah melapangkan rezeki setiap hamba-Nya. Karena barangsiapa yang memberikan hidangan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka akan diampuni dosanya, dan dibebaskan dari belenggu neraka, serta mendapatkan pahala setimpal dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa tersebut. Berikut beberapa Keutamaan dan Berkah yang bisa kita dapatkan dibulan Suci Ramadhan

1.Meningkatkan takwa
Sumber : lightforlearner.wordpress.com
Kita diwajibkan berpuasa agar kita bertakwa. Puasa adalah perisai, perisai yang memelihara pelakunya dari azab neraka pada hari kiamat, puasa memelihara kita dari hawa nafsu, dan kemungkaran dalam kehidupan dunia. Orang yang berpuasa juga tidak boleh berkata kotor dan keji, meninggalkan perbuatan yang buruk dan menahan diri dari emosi. Perilaku yang baik inilah yang meningkatkan derajat takwa pada diri kita

2.Pahala Berlipatganda
Sumber : awesomew.com
Setiap perbuatan dan amal yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya dibulan suci Ramadhan ini. Satu kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh bahkan sampai tujuh ratus kali lipat. Bahkan jika kita melakukan ibadah dengan sempurna kita akan seperti bayi yang baru lahir suci dari dosa setelah bulan ramadhan ini.

3.Bau mulut orang yang berpuasa itu lebih baik di sisi Allah Ta’ala dari pada wangi minyak kesturi
Sumber : educationworld.in
Rasulullah pernah bersabda bahwa bau mulut seseorang yang berpuasa lebih harum disisi allah dibandingkan wangi minyak kasturi. Al-khaluuf artinya perubahan bau mulut sebagai akibat dari puasa. Namun hal ini ternyata dianggap baik oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala bahkan disukai-Nya. Hal ini menunjukkan betapa agungnya puasa disisi Allah Ta’ala. Sampai-sampai sesuatu yang menurut manusia dibenci dan dianggap jijik, ternyata di sisi Allah merupakan sesuatu yang disukai.

4.Mendapatkan dua kebahagiaan
Sumber : news.abs-cbn.com
Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadits Abu Hurairah. Bagi orang yang berpuasa itu ada dua kebahagiaan, berbahagia pada saat dia berbuka, berbahagia dengan puasanya itu dan pada saat ia berjumpa Rabb-nya.

5.Masuk ke dalam Surga lewat pintu khusus yang bernama ar-Rayyaan
Sumber : lifechanyuan.org
Dalilnya adalah hadits Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:


“Sesungguhnya di Surga itu ada sebuah pintu yang disebut ar-Rayyaan. Pada hari Kiamat nanti orang-orang yang suka berpuasa akan masuk Surga lewat pintu itu. Tidak ada seorang pun selain mereka yang diperkenankan (untuk masuk Surga) lewat pintu itu.”

6.Membiasakan diri untuk Sabar
Sumber : ifdialogue.com
Dibulan suci Ramadhan ini kita harus membiasakan diri untuk menjadi pribadi yang sabar, oleh karena itu bulan ini disebuat sebagai bulan kesabaran (syahru ash-shabri). Makna asal kata ash-shabru (kesabaran) adalah al-habsu (mengekang, menahan diri). Maka, di saat puasa kita harus mengekang dan menahan diri kita dari keinginan untuk makan dan hal-hal lain yang bisa mengurangi pahala bahkan membatalkan puasa.

7.Membina Akhlak
Sumber : allure.com
Hakikat berpuasa adalah menahan kedua mata dari memandang sesuatu yang haram, mendengar sesuatu yang diharamkan, menahan diri dari perkataan dusta, keji, serta berpuasanya seluruh anggota tubuh dari hal-hal yang diharamkan. Dalam berpuasa ini kita bisa memetik nilai bahwa persamaan antara si kaya dan simiskin, serta berbuat baik antar sesama terkhusus kepada kaum fakir dan miskin.

8.Baik untuk Kesehatan
Sumber : blogs.discovermagazine.com
Puasa dapat mengurangi bahkan menghilangkan lemak-lemak yang bertumpuk akibat memakan makanan yang kaya akan kandungan lemak yang berakibat pada kegemukan, dengan berpuasa kita yang biasanya memakan makanan sesuka hati kita pada saat kapan saja, mulai bisa mengatur pola makan kita agar bisa menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa tanpa merasa terbebani dengan ibadah puasa yang kita lakukan. Selain mengurangi lemak membandel, puasa juga bisa membuang kotoran, racun, dan cairan tubuh yang dapat merusak. Meringankan aliran darah pada urat nadi dan menjaganya dari tertutupnya pembuluh darah. Juga bisa mencegah munculnya maag, tekanan darah tinggi, stress maupun depresi.

9.Bulan diturunkannya Al- Quran
Sumber : hiveminer.com
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Kengapa? Karena dibulan inilah pertama kali kitab suci umat islam yaitu Al Qur'an diturunkan. Al Qur'an diturunakan sebgai petunjuk dan pembeda antara yang benar dan yang salah atau yang haq dan yang batil. Keistimewaan dan kemuliaan ini juga bisa kita lihat karena bulan inilah yang dipih oleh Allah Swt. untuk menurunkan Al Qur'an. Usahakanlah mengkhatam alquran dalam waktu 30 hari ini agar mendapat berkah yang lebih banyak .

10. Diampuni dosa-dosa yang telah berlalu Bulan Pengampunan Segala Dosa
Sumber : armaila.com
Semua manusia pastinya ingin dosa-dosanya diampuni oleh yang Maha Kuasa. Nah, kesempatan ini ada di bulan suci Ramadhan. Seperti yang ditulis dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Yuk, manfaatkan sebaik-baiknya!

11.Adanya Malam Lailatul Qadar
Sumber : themuslimahguide.com
Pada bulan Ramadhan akan ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yang ada pada 10 hari terakhir bulan ramadhan dan harinya merupakan hari ganjil, misalkan malam ke 21,23,25,27,dan 29, malam ini tidak dipastikan harinya kapan. Malam ini adalah waktu terbaik untuk berdoa dan beribadah kepada allah.

12. Melakukan I’tikaf
Sumber : welearnislam.com
I’tikaf adalah kegiatan berdiam diri di masjid dalam rangka taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT. I’tikaf ini hukumbannya sunnah. Rasusullah SAW dan istrinya selalu melakukan i'tikaf terutama pada sepuluh malam terakhir dibulan Ramadhan ini. Orang yang melakukan I'tikaf hendaknya memperbanyak dzikir, istigfar, membaca Al-Qur'an, berdoa, shalat sunnah, dan ibadah lainnya. disunnahkan bagi laki-laki dan perempuan, karena Rasulullah SAW selalu beri’tikaf terutama pada sepuluh malam terakhir dan para istrinya juga ikut I’tikaf bersamanya. Juga hendaknya orang yang melaksanakan I’tikaf ini memperbanyak dzikir, istighfar, membaca Al-Qur’an, berdoa, shalat sunnah, dan lain sebagainya.

13.Umroh Pada saat bulan Ramadhan
Sumber : travelforumrah.co.uk
Bulan Ramadhan juga merupakan waktu terbaik untuk melaksanakan umrah, karena dengan umroh pada bulan Ramadhan memiliki pahala tersendiri seperti pahala haji bersama Rasulullah SAW.

14.Memberi Buka Puasa & Bersedekah
Sumber : haaretz.com
Bagi kita yang berbagi dengan sesama dengan memberikan makanan untuk berbuka puasa bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya seteguk air, ataupun sebutir kurma, maka sebagaimana sabda Rasulullah yang berbunyi: “Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun”. (Bukhari Muslim).

Dari sekian banyak kerberkahan, keutamaan dan keistimewaan bulan ramdhan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya ini, sangat disayangkan bila Ramadhan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada perubahan yang berarti bagi diri kita. Semoga amal ibadah yang kita lakukan lebih baik dari pada ramadhan pada tahun-tahun sebelumnnya.

Posting Komentar

0 Komentar