Kekurangan dan Kelebihan Handphone/ Smartphone NTT DoCoMo, au, softbank/ Japan set

EVERYLOGI - Setelah membahas berbagai informasi seputar handphone/ smartphone Japan set atau yang biasa dikenal dengan Hp DoCoMo, kali ini kita akan membahas kekurangan dan kelebihannya.

– Kelebihan Handphone Docomo
Sumber : awesomew.com
• Harga smartphone japan set jauh lebih murah dibandingkan yang versi Global
• Biasanya merupakan Smartphone kelas high end/berspesifikasi tinggi alias gahar
• Fitur atau kelebihan khusus yang dimilkinya. Contoh nya smartphone sony xperia zr docomo memiliki internal 32GB sedangkan versi global nya hanya 8GB. Contoh lagi sony xperia x compact untuk versi docomo waterproof alias tahan air sedangkan yang global tidak.
• tidak hanya fitur waterproof, smartphone Jepang juga memberikan fitur pengisian daya nirkabel.
• Kerennya lagi nih, telepon Jepang biasanya terinspirasi dan dirancang dengan merek anime Disney. Oleh karena itu, telepon Jepang juga memiliki desain yang eksklusif yang tak akan ditemukan pada hape versi global lainnya.

– Kekurangan Handphone Docomo
Sumber : FoneArena.com 
Dibalik berbagai kelebihan yang disuguhkan, ternyata ada juga kekurangan yang muncul,berikut beberapa kekurangan dari Smartphone japan set.
• Klaim garansi susah, karena tidak ada garansi resmi di Indonesia
• Agak Susah untuk dijual kembali karena Sering dianggap replica atau tiruan karena kurang dikenal di Indonesia
• Kurang begitu terkenal di Indonesia
• Desain yang berbeda dibandingkan versi global/Internasional, karena smartphone japan set biasanya ditambahkan merk/logo dari operator tersebut,dan menghilangkan beberapa logo bawaan smartphone tersebut.
• Custom ROM yang tidak bisa diotak atik dan di-Update, karena bundling Docomo dikhususkan untuk digunakan dinegara jepang saja, maka untuk dijual kenegara lain harus menggunakan custom ROM agar bisa digunakan dengan semestinya. Misalnya saja untuk meng-unlock SIM agar bisa terkoneksi jaringan 4G operator di Indonesia dan keperluan lainnya. Sayangnya saat kita menggunakan custom ROM, kita akan selalu gagal dan tidak bisa mendapatkan update terbaru seperti versi internasional.
•  Beberapa Fitur Esensial Tidak Bisa Digunakan, misalnya fitur NFC hingga WiFi hotspot yang tidak bisa digunakan di luar Jepang guys.
• Mode Kamera yang Tidak Bisa Di-Silent, Khusus untuk beberapa model iPhone yang berasal dari Jepang, ada satu masalah yang dikeluhkan oleh para pengguna yang memakai fitur fotografi. Suara shutter saat menggunakan kamera untuk memotret ini tidak bisa dimatikan. Karena di Jepang sendiri hal ini sudah menjadi suatu kewajiban. Hal ini untuk mencegah diambilnya foto-foto tidak senonoh secara sembarangan yang marak terjadi.
• Smartphone Japan Set di Indonesia jaringannya tidak sekuat versi global, hal ini tidak terlalu menjadi masalah jika anda tinggal diperkotaan. Jaringan yang melambangkan R yang berarti Roaming bisa muncul jika smartphone yang kita pakai masih menggunakan firmware asli japan set dan menggunakan kartu sim yang lama di Indonesia. sebenarnya jaringan R ini tidak terlalu masalah, kalian bisa mengatasinya dengan upgrade formware smartphone atau mengubah opsi dijaringan seluler.
• Apabila smartphone menggunakan firmware bawaannya maka sinyal lebih stabil dan nfc aktif tetapi banyak sekali bloatware atau aplikasi bawaan yang tidak berguna. Sebaliknya apabila menggunakan firmware global maka sinyal tidak sestabil firmware bawaan, nfc tidak aktif dan bloatware lebih sedikit.
• Beberapa Smartphone Japan set menggunakan firmware bawaan tidak bisa dial *#06#. Hal ini terjadi karena baseband dial Japan set CDMA sehingga tidak bisa dial *#06# untu cek IMEI. Hal ini juga menyenbabkan smartphone Japan set sulit jual karena disangka hp kw. 
•  Dilansir dari Channel youtube ADreview Beberapa Smartphone Japan set ada yang tidak bisa hotspot wifi di Indonesia seperti samsung note 5 docomo dan xperia m4.
• Beberapa smartphone Japan set memiliki antena. Seperti xperia zr docomo, beberapa merek fujitsu dan sharp. Mengapa antena ini termasuk kekurangan? Sudah pasti karena antenanya tidak bisa digunakan. Antena tersebut berfungsi untuk menangkap sinyal radio, stasiun tv di Jepang. Jadi di Jepang nonton tv di smartphone itu gratis selama ada antena atau headset yang menjadi antena. Sama halnya dengan radio di Indonesia. 

Kalian sudah paham? harus paham dong, capek-capek nulis panjang-panjang tapi tetap ga paham kan ga lucu. Pilihan ada pada tangan kalian, kalian ingin membelinya atau tidak itu hak kalian. Pertimbangkan hal-hal yang telah dijabarkan diatas sebelum membelinya.

Posting Komentar

0 Komentar