Jangan pernah sepelekan Olahraga

   Kalian pasti sering menyepelekan atau melupakan apa itu olahraga?apa defenisi olahraga?apa manfaat olahraga?kenapa kita harus berolah raga?kenapa jika tidak berolahraga tubuh kita mudah terkena penyakit?,jika belum tahu mari kita simak penjelasan berikut ini.

1.Definisi Olahraga

  Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur,yang dilakukan dengan melibatkan anggota tubuh yang digerakkan berulang-ulang,dan tujuannya untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani.

2.Manfaat Olahraga

  Olahraga merupakan aktivitas yang membosankan bagi sebagian orang,tapi jika kalian sudah mengetahui manfaatnya pasti kalian akan berpikir dua kalli untuk tidak olahraga,karna manfaatnya yang sangat banyak,berikut manfaat berolahraga:
- Mencegah pengakit jantung dan strokekarna saat berolahraga jantung akan berdetak berirama maka olahraga dapat memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.
- Mengendalikan gula dalam darah
Olahraga dapat membantu mengurangi lemak yang berlebihan pada tubuh, sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes tipe 2.
- Menurunkan tekanan darah tinggi
Dengan berkurangnya lemak pada tubuh,maka akan terjadi juga penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.
- Mencegah nyeri pada punggung
Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu mencegah nyeri punggung.
- Melancarkan Aliran Darah
- Menjaga Kepadatan Tulang
- Menjaga keseimbangan Hormon

3.Akibat kurang berolahraga

 Olahraga yang kita sepelekan sangat berdampak besar bagi tubuh,tubuh yang kurang melakukan olahraga akan mengalami penyakit atau penurunan fungsi organ-organ pada tubuh,seperti penuaan dini,osteoporosis,jantung melemah,otot melemah,berisiko terkena penyakit jantung atau stroke,mudah terserang flu,emosi tidak stabil,gangguan tidur,tubuh mudah lelah,dll.

4.Olahraga Ringan yang bisa dilakukan sendiri dirumah

 Olahraga setidaknya lakukanlah dalam 20 menit keatas tidak harus dilapangan atau ditaman,kita dapat melakukannya sendiri dirumah seperti melakukan,push up,sit up,lompat tali,naik turun tangga,naik turun kursi,lari ditempat,yoga dan masih banyak olahraga ringan lain yang bisa kalian lakukan dirumah.

  Mulai sekarang mulailah olahraga jangan lupa lakukanlah dengan cara yang baik,benar,dan teratur,karna keselahan dalam pelaksanaan dapat menyebabkan kesalahan yang berakibat fatal terhadap tubuh,seperti kram,keseleo,nyeri,dll.

Posting Komentar

0 Komentar