Gempa Bumi?Jangan Sepelekan


   Gempa bumi adalah hal yang sering terjadi baik diIndonesia maupun di negara lain, tapi tahukah anda apa sih gempa bumi itu?,apa saja macam-macam gempa bumi itu?,dan bagaimana cara mengatasi dan menyelamatkan diri saat gempa bumi? Jika belum mari simak artikel dibawah ini

1.Defenisi Gempa Bumi


  Gempa bumi merupakan peristiwa yang hampir setiap hari melanda bumi,lalu apakah yang dimaksud dengan gempa bumi?,Gempa bumi adalah getaran atau getar getar yang terjadi di permukaan bumiakibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi(lempeng Bumi). Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat SeismometerMoment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh dunia.Gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan yang besarnya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas, tergantung pada kedalaman gempa. Gempa Bumi terbesar bersejarah besarnya telah lebih dari 9, meskipun tidak ada batasan besarnya. Gempa Bumi besar terakhir besarnya 9,0 atau lebih besar adalah 9,2 magnitudo yaitu dijepang pada 2011 lalu.

2.Macam-macam gempa
 

Setelah mengetahui apa itu gempa bumi,sekarang saatnya kita mengenali jenis jenis gempa bumi.Gempa yang terjadi dilaut dapat menyebabkan tsunami,biasanya gempa yang terjadi di laut,dan air laut surut,maka pergilah menjauh dari lau,pantai,dan sekitarnya karna itu adalah salah satu ciri-ciri akan terjadi tsunami.Berdasarkan penyebabnya,gempa dibagi menjadi lima macam yaitu,gempa bumi tektonik,vulkanik,runtuhan,tumbukan,dan buatan.Gempa di ndonesia biasanya adalah jenis gempa vulkanik,tektonik,dan runtuhan.

 -Gempa bumi tektonik

Gempa jenis ini terjadi karena pergeseran lempeng tektonik yang melakukan pelepasan energi secara tiba-tiba,pergeseran lempeng dibagi tiga yaitu pergeseran transform,divergen,dan konvergen.

-Gempa bumi Vulkanik
Gempa jenis ini terjadi karena terjadinya letusan gunung berapi,gempa vulkanik dapat diprediksi waktunya,biasanya terjadi sebelum lava keluar dari gunung berapi.


-Gempa bumi runtuhan
Gempa jenis ini terjadi akibat tanah longsor,atau runtuhnya tambang bawah tanah,gempa ini tidak berbahaya,tapi akibat dari runtuhannya bisa mengakibatkan pekerja tambang terkurung didalamnya.


-Gempa bumi buatan

Gempa jenis ini terjadi akibat ulah manusia,biasanya terjadi akibat penggunaan dinamit,bom,nuklir,dan peledak jenis lainnya.



3.Apa yang harus kita lakukan ketika gempa?
  

  Apa yang harus kita lakukan ketika gempa?,jika kita berada didalam ruangan atau rumah,berusaha lah keluar dari rumah tersebut,dan jika tidak bisa keluar berlindunglah dibawah meja agar reruntuhan rumah,atau bangunan ang berjatuhan tidak mengenai tubuh,jika anda berada dikendaraan,kurangi kecepatan dan berlindunglah ditempat yang
aman,apa sih tempat yang aman itu?tempat yang jauh dari gedung-gedung,tiang listrik,pohon dll..Setelah gempa terjadi jangan langsung masuk kedalam gedung,atau rumah karna bisa saja terjadi runtuhan,lalu ceklah semua perabotan,periksa apabila terjadi kebakaran,periksa apabila terjadi kebocoran gas,periksa juga apabila terjadi arus pendek,dan jangan lupa periksa aliran dan pipa air.

Posting Komentar

0 Komentar