13 Tempat Wisata Malang Gratis Berikut Ini Wajib Kamu Kunjungi Ketika di Malang


Tempat wisata malang gratis - Siapa yang tidak kenal dengan kota destinasi wisata terbaiknya yakni kota Malang. Hal tersebut diperkuat dengan melonjaknya kunjungan wisatawan dari tahun ke tahunnya. Dengan begitu, maka pemerintah kota Malang sendiri semakin membenahi fasilitas umum itu sendiri. Salah satu yang menjadi fokus perhatian pemerintah kota Malang adalah tempat wisata gratis yang ditujukan baik untuk warga kota Malang sendiri maupun untuk wisatawan asing. Berikut ini merupakan tempat wisata Malang gratis yang sudah bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Tempat Wisata Malang Gratis dan Tengah Kota

1. Alun-Alun Kota Malang

Tempat wisata Malang gratis pertama yang bisa dikunjungi adalah Alun-Alun Kota Malang. Alun-Alun yang berada di pusat kota ini atau lebih tepatnya di Jln. Merdeka Malang, sangat nyaman dan cocok untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Selain itu, para pengunjung yang mengunjungi tempat ini pun bisa selfie dengan background pepohonan serta berbagai macam bunga yang warna-warni.

Penataan dari tempat ini pun sangat indah sekali, ditambah dengan air mancur yang berwarna-warni semakin membuat orang betah berlama-lama disini. Terlebih jika air mancur tersebut dilihat saat malam hari, keindahan tempat ini pun semakin terasa. Lokasi dari Alun-Alun Malang ini pun sudah tertib dari penjajah makanan liar. Hal tersebut karena area dari sekitar Alun-Alun ini sangat rajin dilakukan penertiban.

2. Taman Balai Kota (Balkot) Malang

Taman Balaikota Malang
Selain Alun-Alun Kota Malang, tempat wisata gratis yang ke dua adalah Taman Balai Kota (Balkot) Malang. Tempat ini tepat berada di Jln. Tugu no 1 Malang yang sangat mudah diakses melalui kendaraan umum. Seperti halnya Alun-Alun Kota Malang, Taman Balkot atau Taman Balai Kota Malang ini mempunyai penataan yang sangat cantik.

Kolam dari Tugu Taman Balkot ini dikelilingi dengan bunga teratai yang sangat indah, selain itu terdapat juga beragam bunga yang berwarna-warni di area Taman Balkot tersebut. Dan terdapat juga air mancur yang dipenuhi dengan lampu hias yang sangat indah terlebih jika dilihat saat malam hari.

Baca Juga :

  • Mudahnya Memilih Paket Wisata Bromo di Malang
  • Menikmati Keindahan Batu dengan Sewa Mobil di Malang

3. Kampung Jodipan

Kampung warna warni
Bagi warga sekitar kota Malang sendiri, Kampung Jodipan mungkin tidak asing lagi didengar. Kampung yang sangat terkenal akan spot fotonya yang keren ini, banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke kota Malang.

Tujuannya tidak ada yang lain selain selfie, karena kampung ini menyediakan spot foto yang kece, keren,  dan colorful terlebih gambar-gambar yang dibuat pun seperti timbul alias dibuat dengan 3D. Hal itulah yang membuat Kampung Jodipan ini sering dikunjungi oleh para wisatawan.

4. Coban Kedung

Coban Kedung Malang
Bagi yang ingin berlibur di kota Malang dengan sensasi keindahan alam secara gratis? Maka tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata Coban Kedung. Lokasi dari tempat wisata ini memang sedikit tersembunyi, namun tidak sedikit para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alamnya. Karena saat para pengunjung sampai di tempat wisata ini, maka para pengunjung sendiri akan disuguhi dengan air terjun dan panoramanya yang sangat asri.

5. Coban Nirwana Gedangan

Coban Nirwana
Tempat wisata Malang gratis selanjutnya adalah Coban Nirwana Gedangan. Seperti halnya dengan Coban Kedung, Coban Nirwana Gedangan ini menyajikan panorama yang sangat memanjakan mata. Selain itu, viewnya yang sangat mengesankan ditambah dengan air terjunnya yang berumpak-umpak dan dikelilingi tebing tinggi serta semak belukar semakin menambah eksotis tempat ini.

6. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang, menjadi salah satu tempat wisata Malang gratis selanjutnya yang banyak sekali dikunjungi. Diciptakannya taman ini karena terinspirasi dari binatang yang sering menyala di kegelapan yakni kunang-kunang. Jika dikunjungi saat malam hari, maka taman ini pun akan semakin terlihat indah. Selain itu, banyak juga spot foto yang cantik untuk menambah koleksi foto instagram.

Wisata Gratis di Kota malang

7. Taman Trunojoyo Malang

Selain Taman Kunang-Kunang, ada juga Taman Trunojoyo Malang. Taman ini terletak tepat di Jln. Trunojoyo Klojen, lebih tepatnya berada di depan Stasiun Kota Baru Malang. Di taman ini, para pengunjung bisa merasakan udaranya yang sangat sejuk sekali dibanding dengan Alun-Alun. Hal tersebut disebabkan karena tumbuhan yang ditanam di tempat ini lebih padat.

Selain itu, di Taman Trunojoyo Malang ini para pengunjung bisa berfoto ria dengan background patung singa yang menjadi ikon dari kota ini. Para pengunjung pun bisa memanfaatkan wifi gratis yang sudah disediakan di tempat ini. Bukan hanya itu saja, di taman ini pun para pengunjung bisa menambah ilmu dengan membaca buku di perpustakaan yang sudah disiapkan. Bagi para pengunjung yang membawa anak-anak, maka tidak usah khawatir karena di taman ini pun disediakan pula taman bermain untuk anak-anak.

8. Candi Jago

Bagi para pengunjung yang ingin berwisata gratis di kota Malang bertemakan sejarah, maka tidak ada salahnya jika berkunjung ke Candi Jago. Candi Jago ini berada tepat di Jln. Wisnuwardhana, Tumpang, Malang. Candi ini merupakan candi yang dibangun sejak masa kerajaan Singasari yakni tepat pada abad ke 13. Meskipun candi ini tidak begitu besar, namun berwisata di tempat ini sangat menyenangkan sekali karena akan banyak sekali pelajaran yang bisa diambil.

9. Candi Badut

Selain Candi Jago, tempat wisata Malang gratis yang selanjutnya adalah Candi Badut. Candi ini berlokasi di Jln. Raya Candi V/D Dusun Karang Besuki, Malang. Di tempat ini, para pengunjung akan mendapatkan pengetahuan sejarah yang sangat banyak sekali. Karena di tempat wisata bertemakan sejarah ini terdapat banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah bekas dari kerajaan-kerajaan yang berdiri di sekitar tempat ini.

10. Pemandian Sumber Sirah

Bosan dengan tempat wisata yang bersejarah? Maka bisa juga mengunjungi tempat wisata Pemandian Sumber Sirah yang akan memanjakan para pengunjung. Pemandangan bawah mata airnya yang sangat luar biasa menjadikan tempat ini sangat cocok sekali untuk dijadikan underwater photography serta river tubing. Atau bagi yang ingin menghilangkan penat saja, maka tempat ini sangat cocok sekali karena panoramanya yang sangat indah sekali.
Baca Juga:
  • 10 Destinasi Wisata Alam Di Malang Yang Wajib Dikunjungi Dan Tips Wisata Yang Aman
  • 10 Wisata Baru di Malang yang Wisatawan Wajib Kunjungi
11. Pantai Si Pelot

Selain pemandian Sumber Sirah, bagi yang ingin wisata bertemakan air bisa juga datang ke Pantai Si Pelot. Tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di kota Malang, Pantai Si Pelot ini menyajikan tempat yang sangat indah sekali. Terlebih pemandangan di sore hari yang menawarkan keindahan sunsetnya.

Setibanya di pantai ini, maka para pengunjung pun dapat menikmati hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Pasirnya yang menjorok ke dalam membuat pasir tersebut terlihat seperti menyerupai teluk. Ombak di pantai ini pun tidak terlalu besar sekali dan nuansanya yang tenang pun sangat cocok untuk bersantai.

12. Coban Supit Urang

Letaknya yang tersembunyi dan indah, itulah Coban Supit Urang. Meskipun lokasi dari tempat wisata yang satu ini sangat sukar sekali untuk ditempuh, namun bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini akan terpesona akan keindahan alamnya. Air terjun serta tebing batunya yang menjulang tinggi menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Maka tidak heran, meskipun tempat ini sukar untuk diakses namun dengan daya tarik tersebut tempat wisata ini senantiasa ramai dikunjungi.

13. Museum Bentoel Malang

Dan tempat wisata Malang gratis yang terakhir adalah Museum Bentoel Malang. Museum ini sangat cocok sekali bagi para wisatawan yang gemar merokok. Karena tempat ini menggambarkan betapa keras serta gigihnya perjuangan perusahaan rokok PT. Bentoel mendapatkan reputasi yang sangat tinggi dan mempertahankannya sampai sekarang. Selain itu, di tempat ini pun para pengunjung bisa mengambil inspirasi kesuksesan dari perusahaan Bentoel itu sendiri. Para pengunjung pun bisa berselfie dengan spot foto menarik yang telah disediakan tempat ini.

Itulah beberapa tempat wisata Malang gratis yang bisa dikunjungi. Bagi yang sedang jalan-jalan di kota Malang, maka tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata di atas. Selain gratis, tempat wisata tersebut pun dapat menyuguhkan panorama yang indah dan berbagai macam edukasi yang tidak boleh dilewatkan.

Posting Komentar

0 Komentar