Apa Itu Empath? Empati

EVERYLOGI - Empati merupakan kemampuan manusia untuk memahami perasaan orang lain. Meskipun kamu seorang narsis, psikopat, atau sosiopath, kamu tetap memiliki perasaan empati. Tapi, jika kamu memiliki kemampuan empati berlebihan dan kamu masuk ke tahapan empati selanjutnya, kamu adalah seorang empath. Empath adalah seseorang yang bisa merasakan keadaan fisik, emosional dan mental orang lain, atau bahkan binatang. Jadi jika kalian bisa merasakan rasa sakit planet Bumi atau terkena serangan panik karena ada orang di dekatmu yang sedang cemas, mungkin kamu juga seorang empath. 

Definisi Apa Itu Empath?
Sumber gambar : spiritualunite.com
Empati adalah kemampuan yang memiliki berbagai definisi berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang dirasakan dan dipikirkan orang lain.

Empati (berasal dari Bahasa Yunani εμπάθεια yang berarti "ketertarikan fisik") didefinisikan sebagai respons afektif dan kognitif yang kompleks pada distres emosional orang lain. Empati termasuk kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil perspektif orang lain. Kata empati dalam bahasa inggris (Empathy) ditemukan pada tahun 1909 oleh E.B. Titchener sebagai usaha dari menerjemahkan kata bahasa Jerman "Einfühlungsvermögen", fenomena baru yang dieksplorasi oleh Theodor Lipps pada akhir abad 19. Setelah itu, diterjemahkan kembali ke dalam Bahasa Jerman sebagai "Empathie" dan digunakan di sana.

Kita tidak bisa memilih untuk menjadi empath, atau memilih untuk tidak menjadi empath. Empath juga tidak bisa dipelajari. Kemampuan ini merupakan kemampuan bawaan yang dimiliki seseorang sejak mereka lahir. Biasanya mereka orang yang penyendiri dan introvert walau tidak semuanya. 

Ciri-ciri dan Sifat Seorang Empath
Sumber gambar : khn.org
Apakah kamu pernah masuk ke sebuah ruangan dan tiba-tiba bisa merasakan sesuatu yang aneh atau mencurigakan mengenai ruangan tersebut dan orang-orang di dalamnya? Apa kamu mempuntai perasaan enak atau tidak enak, saat pertama kali bertemu dengan seseorang? Apakah kamu bisa secara otomatis merasakan kesedihan ketika seseorang di sekitarmu bersedih? Apakah kamu tipe orang seperti itu?, bisa jadi kamu adalah seorang empath.

Menjadi seorang empath jauh lebih dari sekadar merasa sangat sensitif (peka), seorang empath bahkan bisa merasakan sensasi/ perubahan fisik dan desakan spiritual, dan juga mengetahui motif dan intensi dari orang lain. Karena seorang empath selalu terbuka pada perasaan dan energi orang lain, biasanya mereka bisa terkena imbas hanya karena berada didekat orang lain atau melihat orang lain yang merasa sedih atau marah. Earth Angel biasanya juga adalah seorang empath.

Seorang empath lebih cenderung menyerap perasaan atau energi orang lain dan memproyeksikannya kembali tanpa menyadari dari mana asalnya perasaan itu dalam dirinya. Kepedulian yang mereka miliki untuk orang lain kadang suka berlebihan, mereka biasanya memposisikan atau menganggap masalah orang lain sebagai masalah mereka. Terkadang mereka rela bersusah payah dan berkorban untuk membantu orang lain. Berikut beberapa karakter, sifat maupun ciri-ciri dari seorang empath.
– Mengetahui hal-hal tanpa diberitahu
– Merasakan emosi orang lain dan menyerapnya
– Kamu tahu ketika seseorang sedang tidak jujur
– Pendengar yang baik
– Menyukai petualangan, kebebasan dan traveling
– Tidak tahan untuk menonton kekerasan, kejahatan atau tragedi di TV
– Berada di tempat umum yang ramai bisa membuat kamu kewalahan
– Memiliki kebiasaan mencandu seperti, makanan, alkohol, obat-obatan, dan seks adalah contoh dari beberapa pelarian seorang empath, tujuannya untuk menghalau atau menutup diri dari emosi orang lain.
– Sangat sensitif terhadap bau, suara, dan pembicaraan yang berisik. Itu berarti, mereka tidak suka dengan keramaian.
– Butuh waktu untuk sendiri
– Sulit menciptakan batas, mereka sangat sulit untuk mengucapkan tidak, dan maaf.

Dari beberapa daftar diatas, kita bisa mengetahui kalau seorang empath sangat harus mengatur batasan yang sehat (healthy boundaries) sehingga mereka bisa tetap hidup tenang dan bahagia. Seorang Empath harus mengekspresikan diri dengan jujur, terbuka, dan apa adanya. Kalau tidak dilakukan, hal ini bisa mengakibatkan ganggan pada orang tersebut, seperti ketidakstabilan mental/ emosional, atau merasa tidak nyaman, dan akhirnya timbul penyakit. Berikut beberapa cara agar kamu bisa menjaga batasan yang sehat untuk dirimu.
1. Tetap fokus
Tetap fokus adalah kuncinya, yang penting jangan pikiranmu jangan mudah teralihkan. Ketika kamu sudah terfokus pada sesuatu, hal lain akan sulit untuk mengganggu fokusmu. Melakukan meditasi akan sangat bagus untuk merelaksasikan tubuh dan melatih fokus.

2. Berdoa
Berdoa dan meminta pertolongan kepada tuhan untuk tetap menjaga dirimu agar tetap dalaam kondisi baik adalah salah satu cara terbaik untuk hidup tenang. Kepercayaanmu, proteksi atau perlindungan dari tuhan, dan pola pikir yang kamu tanamkan akan membuat tubuhmu bisa dikontrol sesuka mu. 

3. Ikuti intuisimu
Jika hati atau pikiranmu memberikan tanda-tanda tentang seseorang atau kondisi tertentu, kamu bisa mengikutinya atau malah melakukan sesuatu yang lebih baik. Contohnya ketika suara hatimu memberitahu untuk tidak percaya pada seseorang, kamu bisa mengikuti kata hatimu dengan menjaga jarak dan menjauh darinya. Selalu percaya intuisimu.

4. Menyadari bahwa kamu terbawa suasana
Kalau kamu ingin mengubah situasimu, pertama kamu harus menyadari apa yang terjadi denganmu. Sadari bahwa kamu terhanyut dengan perasaan-perasaan orang lain, dan bahwa ini bukan urusanmu untuk khawatir. Jika kamu tenggelam dalam perasaan mereka, bagaimana kamu bisa membantu mereka?

5. Perhatikan konsumsimu
Apa yang kamu konsumsi berperan besar dalam hidupmu. Teman-teman, lingkungan, informasi yang kamu izinkan untuk masuk dalam pikiranmu, makanan dan minuman; hal-hal ini berkontribusi membangun batasan yang sehat untuk dirimu.

6. Tingkatkan energimu sendiri
Ketika kamu meningkatkan energimu sendiri, energi orang lain tidak akan berpengaruh banyak padamu. Kamu bisa melakukannya dengan memproyeksikan kedalaman cinta yang kamu rasakan dari Tuhan atau Alam Semesta, dengan merasa bersyukur, dengan memompa energi positifmu, dan dengan menghubungkan dirimu kepada keagungan sekitar dan yang kamu miliki di dalam. Juga jaga tubuhmu tetap sehat dengan melakukan olahraga rutin.

Tujuan Menjadi Seorang Empath
Sumber gambar : lifealth.com
Para empath memiliki aura pertahanan (human shield) yang jauh lebih tipis dan transparan daripada orang-orang normal. Hal ini sudah di-design bahkan sebelum mereka lahir, dan memiliki tujuan-tujuan tertentu.

Tujuan utama para empath memiliki desain tubuh fisik yang seperti ini adalah untuk membuat mereka jauh lebih fleksibel ketika bekerja dengan energy. Para empath biasanya memiliki kemampuan membaca, menyerap, dan memanipulasi energy. Meskipun hal ini dapat menyiksa di masa kecil (Karena mereka menyerap hal-hal yang negatif), kemampuan ini dapat sangat menguntungkan ketika mereka telah sadar dengan bakat yang mereka miliki.

Biasanya, dengan kemampuan membaca, menyerap dan memanipulasi energy ini, para empath bisa menjadi healer (penyembuh) yang baik. Sebagian besar dari mereka memiliki peranan penting dalam proses ascension planet bumi (Penaikan bumi ke vibrasi yang lebih tinggi).

Tantangan Menjadi Seorang Empath
Sumber gambar : thelawofattraction.com
Interaksi yang kita lakukan sehari-hari seperti dalam kegiatan belajar-mengajar, bekerja, melakukan bisnis, hang out, dan hal lainnya dapat cukup menantang untuk para empath. Hal ini disebabkan oleh energy akumulatif yang dikeluarkan oleh orang-orang disekitar. Energy kemarahan, rasa sedih, ketakutan, kegembiraan, keterkejutan dari orang-orang disekitar, berkumpul menjadi satu dan dapat dirasakan oleh para empath, mengakibatkan rasa lelah yang berkepanjangan. 

Tempat-tempat ramai seperti bioskop, mall, dan pasar juga dapat membuat para empath kebingungan dan kelelahan jika mereka ada di tempat ini dalam waktu yang lama, tanpa pertahanan yang memadai. Jika kalian merasa bahwa kalian adalah seorang empath, saya sarankan baca lebih lanjut mengenai empath dan temukan cara untuk meng-empower diri kalian dengan pengetahuan ini.

Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melindungi diri sementara waktu. Sebelum keluar rumah, bayangkan diri kalian dilindungi oleh gelembung besar berwarna keemasan yang tidak bisa ditembus energy. Gelembung imajinasi ini dinamakan golden light protection, dan berfungsi untuk menjadi shield/perantara dari kalian dan energy di sekitar kalian. Kalian harus memiliki intention/tujuan yang jelas dan kuat sebelum melindungi aura kalian dengan gelembung perlindungan ini. 

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan afirmasi yang kalian tulis sendiri. Contoh afirmasi : “Aku kuat dan memiliki perlindungan energy yang kuat. Aku memegang kontrol akan emosi dan energyku sendiri”. Tempel afirmasi ini ditempat yang mudah dibaca, dan baca setiap hari. 

Mereka menghindari ketidakharmonisan yang disebabkan oleh situasi emosional yang bergejolak. Situasi semacam ini dapat dengan mudah membuat perasaan tidak nyaman karena seorang empath merasakan emosi ini. Empath secara emosional sensitif terhadap kekerasan dan kekacauan umum. Para empath sensitif terhadap suara keras dan televisi. Secara khusus, program televisi yang menggambarkan drama emosional.

Mereka kesulitan untuk memahami tindakan kekejaman dan kejahatan yang melibatkan dan menyakiti orang lain. Mereka berjuang untuk memperbaiki penderitaan di dunia dan seringkali disebut kaum idealis yang berteori tentang memperbaiki masalah dunia. Mereka sering ditemukan bekerja sebagai relawan, untuk orang-orang, hewan atau lingkungan. 

Mereka seringkali memiliki bakat untuk menarik minat orang lain kepada mereka. Termasuk anak-anak dan hewan karena mereka memiliki kehangatan dan kasih sayang yang luar biasa.  Mereka bisa menjadi pendengar yang baik karena mereka umumnya memiliki minat pada orang lain.
Empaths bisa menjadi moody atau memiliki perubahan suasana hati yang besar karena luapan pikiran, perasaan dan emosi yang luar biasa.

Seorang empath sering mengalami déjà vu dan sinkronisitas. Semua empath memiliki  kemampuan precognition, firasat, mimpi buruk, penyakit yang terjadi terus-menerus tanpa sebab medis (karena mengambil penyakit orang lain), kemampuan untuk merasakan kebenaran dan berkomunikasi secara telepati sebelum kejadian. 

Jadi, apakah kamu seorang empath? Kalau ya, bagaimana kamu menghadapinya selama ini? Silakan bagikan pengalamanmu dan mungkin empath yang lain dapat belajar dari kamu 🙂

Artikel ini memberikan informasi dasar tentang topik kesehatan. Informasi dalam artikel ini boleh digunakan hanya untuk penjelasan ilmiah, bukan untuk diagnosis diri dan tidak dapat menggantikan diagnosis medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.

Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.

Posting Komentar

0 Komentar