8 Hal Penting Seputar Apa Itu Hp/Smartphone NTT Docomo, au,dan Softbank / Japan set?

EVERYLOGI - Kebutuhan gadget yang semakin hari semakin meningkat, menjadi peluang yang cukup bagus untuk para penjual smartpone baik baru/bekas maupun import. Semakin banyaknya jenis produk yang ditawarkan membuat persaingan pasar semakin meningkat, salah satu faktor yang paling dipertimbangkan adalah harga, harga yang murah menjadi kriteria utama untuk membeli smartphone. Salah satunya adalah Smartpone yang berlabel NTT DoCoMo, au, dan softbank, dalam beberapa waktu belakangan ini banyak sekali Smartphone berlabel NTT DoCoMo dengan merk terkenal seperti Sony Xperia Z/Z1, Samsung S6, Samsung S5, dan sebagainya. Smartphone dengan merk ini juga biasa disebut dengan Japan Set. Pada awalnya Smartphone jenis ini banyak bertebaran diwilah batam.

Harganya yang murah menerjun bebaskan harga smartphone bekas di Indonesia. Bagaimana tidak, harga smartphone dengan embel-embel docomo, au, dan softbank di bandrol sangat murah. Bahkan, ada yang dibandrol hingga seperempat harga baru smartphone yang tanpa embel-embel tersebut.
Kali ini kita akan bahas tuntas seputar NTT Docomo, au, dan softbank.

1.Apa itu NTT Docomo?
NTT Docomo adalah nama perusahaan operator telekomunikasi seluler di negara Jepang, sekaligus merek layanan telekomunikasi seluler perusahaan tersebut. NTT (Nippon Telegraph and Telephone) awalnya adalah nama perusahaan operator telekomunikasi seluler di Jepang, sedangkan Docomo adalah entitas/bisa dibilang anak buah perusahaan yang berkecimpung khusus dalam bidang operatoro telekomunikasi. NTT DoCoMo adalah salah satu operator telkomunikasi seluler yang utama dijepang. DoCoMo merupakan singkatan dari “Do Communications Over The Mobile Network”. Dalam bahasa jepang DoCoMo berarti “di mana saja”, maksudnya telepon genggam DoCoMo bisa digunakan di mana saja.

Kalau diIndonesia sendiri sih contohnya Telkomsel, Esia, Smartfren, Flexi, Telkomsel, Xl, dan layanan seluler lainnya.

2.Apa Itu HP/Smartphone Docomo?
HP/Smartphone Docomo adalah Smartphone yang sudah dibundling atau digabungkan dengan operator Docomo. Secara singkatnya sih Smartphone Docomo ini dijual bersamaan atau langsung berlangganan dengan layanan seluler dari operator tersebut(docomo). Di Indonesia sendiri juga banyak kok HP yang seperti ini. Contohnya saja adalah Smartfren, saat kita membeli Smartphone dengan merk Smartfren maka kita juga harus menggunakan kartu prabayar dari smartfren juga agar bisa menggunakan HP tersebut dengan normal. Artinya Smartphone jenis ini hanya bisa menggunakan 1 layanan operator saja, alias tidak diperbolehkan dan tidak bisa menggunakan kartu SIM dari operator lain.

Sebenarnya smartphone jenis ini sudah lama beredar di Indonesia contohnya saja Apple iPhone AT&T dari Amerika. Hanya saja mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya karena lebih dikenal sebagai garansi internasional untuk iPhone.

3.Kenapa Smartphone jenis ini Harus menggunakan merk Docomo, au, dan Softbank?
Di Jepang masyarakat yang ingin membeli Smartphone diharuskan untuk mendaftar operator selulernya terlebih dahulu. Nah operator seluler ini salah satunya adalah Docomo, au, maupun softbank, dan pembeli juga harus memilih tagihan prabayar atau pascabayar pada operator tersebut. Setelah mereka menentukan pilihan operator seluler barulah mereka memilih Smartphone yang mereka inginkan. Jadi, maksud tulisan atau embel-embel tersebut ditanamkan pada smartphone adalah sebagai tanda bahwa smartphone tersebut divendri/disponsori oleh operator tersebut. Hal ini juga untuk meminimalisir tindak kejahatan yang berbasis perangkat seluler seperti keluarga kecelakaan, mama minta paket, selamat anda mendapatkan gambar mobil dll. Kenapa bisa terminimalisir? karena kebijakan pemerintah jepang yang mewajibkan masyarakat mendaftar operator dengan identitas asli mereka.

4.Apakah Hp/Smartphone NTT Docomo Itu Replika/kw/Tiruan?
Jawabannya adalah tidak, Karena Smartphone yang berlabel NTT DoCoMo adalah original, misalnya saja kamu membeli NTT DoCoMo Xperia Z, tentu mesinnya tetap original buatan SONY. Contoh kasus Di Indonesia yaitu Smartphone dengan label Smartfren, biasanya merk Smartphone yang digunakan adalah Huawei. Seperti yang sudah dijelaskan diatas perbedannya hanya pada katu SIM yang dilock/dikunci agar Smartphone ini hanya bisa menggunakan kartu SIM milik operator tersebut.

5.Smartphone apa saja yang terdapat logo docomo
Banyak sekali Smartphone yang memiliki logo docomo, contohnya saja seperti Sony, Samsung, Nexus, Bahkan Iphone. Kalian bisa melihat produk apa saja yang berlogo docomo dengan melihat langsung diwebsite mereka dilink berikut ini.

6.Apakah Hp/Smartphone docomo Bisa dipakai DiIndonesia?
Tentu saja bisa, tapi dengan syarat SIM cardnya sudah diunlock. Tapi, biasanya sih hp docomo yang dijual dan beredar di Indonesia sudah diunlock dan bisa dipakai disemua operator di Indonesia. Jadi aman untuk diupgrade, flash ulang, maupun didowngrade. Tapi lebih baik jangan mengotak atik rom yang tertanam, karena bisa mengakibatkan hp kita kembali ke keadaan lock.

7.Bagaimana Cara seller/kita mengunlock Smartphone Docomo, au ,dan softbank?
Bagaimana bisa smartphone yang SIM-nya dilock bisa menggunakan kartu SIM dari operator seluler lain? Unlock adalah jawabannya, Lalu bagaimana para Seller mengunlocknya?. Jadi ketika seller Indonesia mengoder smartphone dari importir seller/seller luar negeri. Seller Indonesia meminta kode unlock sim atau aktivasi perangkat SIM. Dengan menggunakan kode ini smartphone dengan embel-embel docomo, au ,dan softbank bisa menggunakan operator seluler yang tersedia di Indonesia. 

Lalu, bagaimana jika kita membeli smartphone Japan set dijepang lalu membawanya ke Indonesia, apakah bisa digunakan? Jawabannya sangat bisa, dengan syarat kita harus memiliki kode unlocknya. Untuk mendapatkan kode ini kita dapat mengakses situs operator tersebut, misalkan docomo kalian bisa mengaksesnya di website mereka. lalu kalian minta kode unlock melalui situs tersebut, dengan mengisi IMEI, melengkapi berbagai persyaratan, dan membayar fee. Kenapa sih harus bayar? karena kita membuka lisensi, izin, dsb. agar hp kita bisa digunakan untuk semua operator.


8.Kenapa Harga Hp Docomo, au, softbank/japan set Itu Murah?
Semakin banyaknya Smarthpone baru yang bermunculan dengan spek gaharnya, membuat keingin kita membelinya semakin hari semakin bertambah, tapi uang didompet tidak mencukupi untuk membelinya, para penjualpun menghadirkan berbagai barang dengan harga lebih murah, entah itu KW, import, seken, refurbish, dll. Docomo adalah salah satu jawabannya, kita bisa mendapatkan Hp dengan spek gahar namun tetap irit didompet, lalu apa yang membuat harga Smartphone jenis ini memiliki harga yang lebih murah?Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Karena SIM card pada Hp/Smarthpone tersebun dalam keadaan Locked atau terkunci. Dan satu hal yang menjadi fokus penting para penikmat estetika adalah Branding atau Merk Docomo yang tertempel pada Hp baik pada body maupun saat booting/menu layar saat Hp dihidupkan bersifat permanen. Jadi hal ini dianggap oleh sebagian orang kurang keren atau berbeda dengan produk yang versi global. Jadi harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari seri sein ataupun Global.

Karena pada dasarnya hp docomo itu simnya kelock jadi hanya bisa digunakan untuk operator docomo, danjuga label docomo pada smartphone juga bersifat permanen sehingga menurut sebagian orang indonesia terlihat kurang keren. Jadi harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari seri sein ataupun Global. berikut beberapa hal lain yang menyebabkan Smartphone jenis ini dijual dengan harga lebih murah.

• Hampir semua Smartphone Japan set masuk ke Indonesia dalam keadaan bekas. Tentu saja harga smartphone bekas lebih murah dari pada yang baru.
• Para Seller Indonesia biasanya  mengimpor smartphone Japan set secara besar-besaran. Semakin banyak barang yang yang dibeli maka semakin murah pula harganya.


 Smartphone Japan set yang masuk ke Indonesia rata-rata adalah smartphone flagship yang paling kurang 1 tahun pemakaian. Harga smartphone flagship sering anjlok karena sering tidak mencapai target penjualan.

Kelebihan dan Kekurangan HP Japan set akan kita bahas diartikel selanjutnya, pencet aja nih.

Posting Komentar

0 Komentar