Apakah Tanda Lahir Berbahaya? Cara Menghilangkan Tanda Lahir dan Macam-Macam Tanda Lahir Yang Harus Diwaspadai

EVERYLOGI - Pada umumnya tanda lahir tidak berbahaya dan tidak membutuhkan perawatan apa pun. Sebagian tanda lahir akan hilang seiring bertambahnya usia atau malah semakin membesar. Namun meski jarang terjadi, ada beberapa tanda lahir yang bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Macam-Macam Tanda Lahir Yang Harus Diwaspadai
Walaupun tanda lahir pada anak tidak berbahaya. Namun tak selamanya Anda bisa memandang sepele tanda lahir yang muncul pada permukaan kulit bayi. Meski jarang terjadi, terkadang tanda lahir yang muncul bisa berakibat fatal pada kesehatan bayi. Beberapa bisa meningkatkan risiko pendarahan, menyebabkan masalah pada sistem penglihatan, merujuk pada penyakit genetik tertentu pada bayi, dan juga bisa menjadi pemicu munculnya tumor dan kanker kulit. Apa saja tanda lahir yang perlu Anda waspadai? Berikut kami sajikan beberapa jenis tanda lahir yang bisa berkembang dan menjadi tanda dari beberapa kondisi kesehatan bayi yang dirangkum dari beberapa sumber.

Noda anggur (Port-wine stains)
Sumber : womenshealth.com.au
Tanda lahir jenis ini disebut Noda anggur karena bentuk dan warnanya terlihat seperti anggur tumpah. Noda anggur harus segera ditangani jika bercaknya berada diarea sekitar mata ataupun pipi. Karena bercak yang muncul diarea ini sering dihubungkan dengan gangguan penglihatan seperti Glaukoma dan harus segera ditangani jika bercaknya telah berada di dekat mata dan pipi. Kondisi ini kerap

Noda kopi (Spot cafe-au-lait)
Sumber : flickr.com
Noda kopi yang mebesar bisa jadi pertanda penyakit neurofibromatosis. Neurofibromatosis sendiri merupakan suatu kondisi yang menyebabkan terbentuknya tumor diotak, sumsum  tulang belakang, dan saraf.

Strawberry (Hemangioma infantil)
Sumber : blog.dermik.es
Tanda lahir ini bewarna merah, tampak timbul dan terasa tidak halus atau bertekstur bergelombang. Sebenarnya, tanda lahir ini merupakan pembuluh darah kecil yang naik kepermukaan kulit dan menonjol keluar. Tanda lahir jenis ini akan muncul pada 6 bulan pertama, namun akan menghilang pada usia 5-9 tahun ataupun semakin besar seiring usia. Terkadang tanda lahir ini dapat muncul sebelum bayi lahir dan bisa terdeteksi melalui program USH 4D jika ukurannya relatif besar.

Tanda lahir strawberry sendiri tidak menimbulkan rasa sakit, Tetapi jika ukurannya melebar hingga menutupi mata, mulut, atau hidung dan mengganggu aktivitas, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter untuk menghilangkannya. Tanda lahir yang berada diarea mata, mulut, ataupun hidung dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan dan pernapasan. Karena pembuluh darah dekat dengan permukaan kulit membuatnya menjadi rentan untuk pecah atau mengalami pendarahan hanya karena benturan ringan.

Ciri-cirinya adalah berupa bercak yang timbul dipermukaan kulit, bisa berwarna ungu, merah, merah muda, atau biru. Biasanya tanda ini berada di area wajah, leher, dan kepala.

Tahi Lalat
Sumber : dermatologyoasis.net
Pada umumnya, tahi lalat sering kita temukan pada setiap orang. Tahi lalat yang berukuran normal tidak berbahaya dan cenderung bisa hilang. Namun ada juga yang semakin membesar dan ditumbuhi bulu. Jika ini terjadi, orangtua sebaiknya mulai waspada karena tanda ini berpotensi mengakibatkan kanker kulit.


Cara menghilangkan Tanda Lahir (Birthmark)
Sumber : wikihow.com
Sebagian besar dari tanda lahir tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia. Namun, ada beberapa kejadian dimana tanda lahir memerlukan perhatian medis yang lebih.

Hemangioma yang berukuran relatif besar dan ada pada area tubuh tertentu bisa mempengaruhi fungsi tubuh, misalnya untuk aktifitas makan, melihat, maupun bernapas, sehingga memerlukan tindakan medis. Begitupun pada tahi lalat yang berukuran sangat besar atau tampak semakin membesar dalam kurun waktu yang relatif singkat, yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker.

Tanda lahir port-wine stain(noda anggur) yang berada di sekitar mata, yang kerap kali dikaitkan dengan masalah penglihatan seperti glaukoma, juga memerlukan tindakan medis. Selain itu, beberapa kondisi lain yang dapat memengaruhi kesehatan dan dirasa mengganggu penampilan juga menjadi alasan dilakukannya perawatan khusus untuk menghilangkan tanda lahir.

Adapun beberapa cara menghilangkan tanda lahir yang bisa dilakukan di antaranya:

Terapi laser
Sumber : wikihow.com
Tanda lahir yang muncul di bagian wajah seperti port-wine stain dan hemangioma dapat ditangani dengan terapi laser untuk memudarkannya. Terapi laser ternyata  juga mampu memudarkan warna pada bercak, mengecilkan atau menghentikan pertumbuhan tanda lahir.

Kortikosteroid
Sumber : Wikihow.com
Pada hemangioma yang berkembang dengan cepat dan memengaruhi penglihatan atau organ vital lainnya, dapat juga diobati dengan kortikosteroid oral agar ukuran hemangioma dapat menjadi lebih kecil.

Propranolol
Sumber : medicinehow.com
Propanolol merupakan salah satu obat untuk mengatasi masalah jantung. Dengan dosis tertentu, obat ini ditengarai efektif dalam mengatasi tanda lahir hemangioma. Karena mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel pada tanda lahir, bahkan memudarkan tanda lahir tersebut.

Kalian juga bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan tanda lahir pada tubuh kalian namun cara ini belum bisa dipastikan dapat menghilangkan tanda lahir. Pertama, Kalian bisa menggunakan lemon, karena lemon mengandung bahan-bahan alami yang dapat mencerahkan kulit. Kedua, kalian bisa menggunakan Yodium untuk membantu menghilangkan tanda lahir, Saat kalian menggunakan yodium harap berhati-hati karena merupakan produk obat-obatan dan harus digunakan dengan hati-hati. Ketiga, Kalian bisa menggunakan tomat,Vitamin A, dan minyak Vitamin E.

Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan jenis tanda lahir pada tubuh anak, juga bahayanya dan cara menangani yang tepat. Disinilah peran orang tua untuk membangun rasa percaya diri anak berkaitan dengan tanda lahir yang dimilikinya, agar anak tak merasa minder. Selama tanda lahirtidak berbahaya atau mengganggu penampilan, tanda lahir mungkin tidak perlu dihilangkan. Karena selain bertambak kepada fisik, ada sebagian tanda lahir yang bisa mempengaruhi kondisi psikologis anak, misalnya karena ukurannya yang relatif besar dan berada diarea wajah.

Posting Komentar

0 Komentar