7 Cara Mencegah Penyakit Alzheimer Diusia Muda

EVERYLOGI - Alzheimer merupakan penyakit yang sangat tidak diinginkan semua orang. Karena penyakit ini bisa membuat seseorang tidak bisa mengingat apapun dan kehilangan akal pikirannya. Biasanya Alzheimer sering menyerang orang tua, namun tidak menutup kemungkinan juga saat Anda muda bisa mendapatkan Alzheimer. Meski alzheimer lebih rentan dialami oleh orang yang berusia diatas 65 tahun, namun ada baiknya jika sejak dini Anda melakukan pencegahan sehingga tetap sehat di usia tua. Berikut kami sajikan 7 cara mencegah Alzheimer diusia muda.

1. Asupan Makanan Tinggi Antioksidan
sumber : rd.com
Makanan yang mengandung antioksidan dapat menjaga kondisi otak tetap sehat sehingga mencegah munculnya alzheimer. Antioksidan sendiri dapat diperoleh dari berbagai macam buah dan sayur.  Anda bisa menemukan beberapa buah yang mengandung antioksidan seperti pada anggur dan buah berry.

2. Mengontrol Konsumsi Lemak
sumber : zliving.com
Mengkonsumsi segala sesuatu yang mengandung lemak secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung, stroke, dan juga alzheimer. Walaupun lemak diperlukan oleh tubuh sebagai cadangan energi, namun konsumsi yang berlebihan tetap tidak disarankan. Lemak yang berlebih dalam tubuh dapat mengakibatkan kinerja sel-sel otak menjadi tidak efisien.

3. Olah Raga Secara Rutin
sumber : gc.az.nz
Biasakanlah hidup sehat dengan berolah raga setidaknya 20 menit per hari. Olah raga merupakan tindakan anti-inflamasi karena dapat mencegah kerusakan pada otak. Olah raga juga dapat mencegah gangguan gejala jantung koroner.

4. Mengasah Kemampuan Otak
sumber : dailyhealthpost.com
Pada saat  usia 30-40 tahun otak akan mengalami penyusutan sehingga daya ingat akan semakin menurun. Untuk mempertahankan kesehatan dan juga ketajaman otak dalam berpikir usahakan rutinlah belajar di usia-usia rentan tersebut. Perbanyaklah membaca agar wawasan bertambah dan daya ingat tetap terjaga.

5. Mengurangi Asupan Gula
sumber : pastemagazine.com
Mengapa gula dapat menyebabkan alzheimer? Karena konsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan resistensi terhadap kinerja hormon insulin. Akibatnya, kinerja otak akan mengalami gangguan sehingga resiko terserang alzheimer juga makin tinggi.

6. Memasak Sendiri
sumber : today.line.me
Dengan memasak masakan sendiri , kita bisa mengontrol dan mengetahui asupan gizi apa saja yang ada dalam makanan mereka. Dengan memasak makanan sendiri, kita juga bisa memastikan makanan yang kita konsumsi higienis dan sehat. Dengan metode tersebut kesehatan otak dan tubuh juga lebih terjaga.

7. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi
sumber : rd.com
Mulut merupakan awal munculnya berbagai penyakit karena mulut merupakan tahap paling awal dalam proses pencernaan. Untuk menjaga kesehatan gigi, bisa dimulai dengan menggosok gigi setiap bangun tidur dan malam sewaktu akan tidur. Gigi yang kotor dan mengandung banyak bakteri akan membuat resiko infeksi bakteri ke otak lebih besar. Infeksi bakteri pada otak dapat menyebabkan menurunnya daya ingat seseorang. Karena itu, sangat penting untuk merawat gigi agar infeksi dapat dihindari.

Posting Komentar

0 Komentar