Apa itu Teknologi? Sang Permudah Hidup



Apa Itu Teknologi?


Teknologi adalah keseluruhan sarana yang diciptakan untuk menyediakan baik barang,ataupun lainnya yang diperlukan,atau dibutuhkan bagi kenyamanan, dan kelangsungan kehidupan manusia. Secara umum, teknologi dapat diartikan sebagai entitas, baik berupa benda maupun tidak benda yang diciptakan gabungan antara perbuatan, dan pikiran untuk mencapai suatu keuntungan. Dalam artian teknologi merujuk pada media, maupun mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di dunia nyata.

Teknologi berasal dari bahasa yunani,yaitu technologia ,techno berarti ‘keahlian’ dan logia berarti ‘pengetahuan’ .Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan(keahlian) tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode tertentu, dan seni. Istilah teknologi sendiri dipakai pertama kali oleh seorang penulis yang bernama Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku karangannya yang berjudul Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical).Dari sanalah, gagasan mengenai teknologi mulai dihasilkan dari pedoman (konsep) bahasa Jerman yang berasal dari kata “technik” kemudian menjadi “technology” dan pada saat itu lambat laun penggunaan kata “teknologi” sering digunakan oleh beberapa perusahaan dibenua Eropa.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli



Banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya  tentang teknologi,tapi kali ini kita hanya memberikan 2 pendapat dari para ahli,supaya kalian tidak tambah pusing tentang apa itu Teknologi dimata para ahli.
1. Jacques Ellul
Teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.
2.Iskandar Alisyahbana
Istilah“teknologi” berasal dari “techne” atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi sec
ara harfiah teknologidapat diartikan pengetahuan tentang cara.

Sejarah Teknologi


teknologi sudah ada sejak zaman prasejarah,namun teknologi pada zaman ini tidak terlalu berkembang dengan pesat.Berikut kami uraikan sejarah Teknologi dari masa ke masa.
1. Masa pra-Sejarah
Pada masa pra sejarah, teknologi yang ada diterapkan terhadap batu, perunggu dan besi. Teknologi yang dikenal di zaman pra-sejarah contohnya adalah Pedang, kapak genggam dan bejana perunggu.
2. Teknologi zaman Kuno
Pada masa ini teknologi sudah mulai berkembang ke arah maritim, alat-alat tulis, pertanian, dan pertanian.Pada zaman ini Manusia sudah mengenal bagaimana cara membangun sebuah kontruksi bangunan sampai pada tahap yang rumit. Contohnya Piramid, Kapal, Mercusuar dan jam matahari.
3. Teknologi Abad Pertengahan Hingga era Modern
Pada abad ini teknologi yang digunakan sudah mulai mengalami kemajuan yang lumayan besar, hal ini ditandai dengan adanya berbagai penemuan, di bidang astronomi, medis, matematika, militer hingga ilmu kartografi. Penemuan teknologipada abad ini seperti, navigasi kapal, mesin cetak, aljabar, dan busur silang.
4. Teknologi era Revolusi Industri
Perkembangan teknologi mulai terlihat semakin jelas di masa ini. Berbagai jenis mesin berhasil dibuat, alhasil mesin bisa menggantikan tenaga manusia. Masa ini adalah cikal bakal perkembangan teknologi di masa kini. Contohnya mobil generasi pertama, mesin uap, telepon, telegrap, mesin tenun, dan sepeda.
5. Teknologi di Abad 20
Pada masa ini. Neil Amstrong berhasil mendarat di bulan. Teknologi dalam bidang lain pun berkembang pesat. Dalam bidang militer, bom atom berhasil diciptakan. Transistor yang menjadi cikal bakal ukuran komputer kecil seperti sekarang ini juga ditemukan. Pada akhir abad ini Internet mulai diperkenalkan kepada semua orang.
6. Perkembangan Teknologi Abad 21
Pada masa ini, berbagai teknologi sudah mulai dikembangkan.Perkembangannya sangat bermanfaat bagi kehidupan seperti perkembangan di bidang, informasi, pendidikan, rumah tangga,dan banyak lagi.

Perbedaan antara Ilmu, rekayasa, dan teknologi


Perbedaan antara ilmu, rekayasa dan teknologi tidaklah begitu  jelas. Ilmu adalah penyelidikan , atau pengkajian mengenai fenomena yang ditujukan untuk mencari prinsip-prinsip yang melekat di antara unsur-unsur dunia fenomenal dengan mempekerjakan teknik-teknik formal seperti metode ilmiah,sedangkan Teknologi tidak hanya hasil ilmu semata oleh karena itu teknologi harus memenuhi persyaratan seperti umum utilitas, kebergunaan, dan keselamatan.Rekayasa adalah proses berorientasi tujuan dari perancangan dan pembuatan peralatan dan sistem untuk mengeksploitasi fenomena alam dalam konteks praktis bagi manusia, seringkali menggunakan hasil-hasil dan teknik-teknik dari ilmu.

Perkembangan Teknologi


Teknologi berkembang dimulai dari diciptakannya makhluk yang berakal. Pada mulanya teknologi hanya bersifat kebendaan,dan hanya berhubungan dengan tugas eksploitasi, serta pengolahan sumber daya alam berupa materi dan energi seperti kapak, tombak, panah dan peralatan lain, sedangkan cara pembuatan perahu, rumah, alat alat rumah tangga, makanan, minuman, obat-obatan dan sebagainya sudah mulai bersifat kebendaan, dan kecerdasan.Spetrum jenis teknologi sekarang membentang dalam semua aspek kehidupan, dan penghidupan manusia, apabila diurutkan bentangan tersebut mencakup:
1.  Teknologi Dalam Bidang Ekonomi
Kemajuan teknologi di bidang ekonomi ini berupa perkembangan dalam bidang jual beli yang dilakukan. Jika pada zaman dahulu orang melakukan transaksi secara real(nyata), atau berhadapan antara penjual, dan pembeli, maka kini beralih menjadi online(online shop). Selain itu, sistem keuangan juga jadi berubah menjadi digital,seperti e-money,bitcoin,ethereum,doge,dan masih banyak lagi.
2. Teknologi Pangan
Sistem pertanian yang ada saat ini tentunya berbeda dengan sistem pertanian pada zaman dahulu, mulai dari bibit, sistem tanam, serta teknik menanamnya.
3. Teknologi Informasi
Kemajuan teknologi dibidang informasi ditandai dengan mudahnya masyarakat dalam memperoleh, atau mendapatkan informasi melalui Internet.
4. Teknologi Komunikasi
Kemajuan komunikasi ini ditandai dengan mudahnya seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain, walau dengan jarak yang cukup jauh.
5. Teknologi Transportasi
Salah satu kemajuan teknologi dalam bidang transportasi ini adalah munculnya berbagai macam alat transportasi yang modern, sehingga mempermudah seseorang untuk bepergian dari 1 tempat maupun ke tempat lain dengan mudah tanpa harus membutuhkan waktu yang lama.
6. Teknologi dalam bidang Medis
Salah satu kemajuan teknologi dalam dunia medis ini seperti ditemukannya berbagai macam vaksin(menghasilkan kekebalan pada tubuh untuk sebuah penyakit) guna mencegah berbagai macam penyakit berbahaya yang mengancam kehidupan.
7. Teknologi Pendidikan
Perkembangan teknologi dibidang pendidikan seperti, berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik, media belajar bertambah banyak, tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan, ddan masih banyak lagi.

Perkembangan teknologi semakin canggih,namun disetiap penemuan selalu ada pro(setuju),ataupun kontra(tidak setuju).Teknologi sudah mempermudah hidup kita,karena kita dapat mengetahui informasi terbaru dengan mudah,melakukan pekerjaan tanpa harus pergi kekantor,dan masih banyak lagi. tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan kebaikan.ada juga yang menggunakan teknologi untuk tujuan yang kurang baik seperti pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah dari senjata kimia sampai senjata nuklir.

Posting Komentar

0 Komentar