Apa Itu Rokok? 4000 Zat Kimia Dalam 1 hisapan


    Rokok?  nama yang cukup familiar bukan?.Rokok merupakan sebuah silinder yang terbuat dari kertas yang berukuran panjang antara 70-120 mm (panjang ini bervariasi tergantung negara),diameternya sekitar 10 mm yang didalamnya berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah.Penggunaan Rokok dengan cara dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung yang lainnya.Berdasarkan jenisnya rokok terbagi atas rokok filter,kretek,dan yang terbaru adalah rokok elektrik.Perbedannya terletak pada bahan untuk membuat rokok tersebut,kandungan nikotin dan tar dari rokok filter lebih rendah dari pada rokok kretek.

      Rokok kebanyakan dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong.Beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru,kemandulan,sesak nafas,ataupun serangan jantung (walaupun pada kenyataannya pesan tersebut sering diabaikan).Perokok terbagi menjadi perokok aktif(merokok secara rutin),dan perokok pasif(orang yang tidak merokok namun menghirup asap rokok dari perokok aktif)

Suku perokok pertama di dunia  



      Suku yang pertama kali merokok adalah suku bangsa Indian yang ada di Amerika, untuk keperluan ritual,atau upacara adat seperti memuja dewa atau roh. Pada saat abad 16,bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa mencoba untuk menghisap rokok,karena mereka merasa rokok itu nikmat,kemudian membawa tembakau ke Eropa untuk membuat rokok sendiri.Lambat laun kebiasaan merokok mulai bermunculan di golongan para bangsawan di Eropa.Bangsa Indian menggunakan rokok untuk keperluan upacara adat atau ritual,sedangkan di Eropa kebiasaan merokok hanya untuk menikmati rasa rokok itu sendiri.Pada saat Abad 17 para pedagang yang berasal dari Spanyol pergi ke Turki,sejak saat itu kebiasaan merokok mulai marak dinegara-negara Islam.

Bahaya Merokok



       Di balik efek tenang yang diciptakan oleh rokok terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok(perokok pasif).
1.Asap yang ditimbulkan oleh pembakaran rokok mengandung 4000 macam zat kimia yang 200 diantaranya beracun,dan 43 zat lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh.Zat yang sangat berbahaya yang ada pada rokok yaitu tar, nikotin, karbon monoksida,karsinogenik,dan masih banyak lagi.



2.Rokok yang baru dimatikan dan menghasilkan asap mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan yang dapat mengiritasi mata serta pernapasan. Semakin pendek rokok yang dihisap,atau tersisa semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara.Lebih buruk asap rokok yang kita hirup,dari pada polusi udara dijalan raya.



3.Nikotin pada rokok membuat seseorang yang mencoba untuk merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dihilangkan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan,ini diakibatkan oleh efek nikotin yang terdapat pada rokok. 



4.Rokok dapat membuat kita miskin secara perlahan,karena uang kita akan banyak digunakan untuk membeli rokok.



       Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh,dan sangat tidak bermanfaat yang dilakukan manusia,sehingga mengorbankan uang, kesehatan,lingkungan,dan masih banyak lagi. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena sekali terjerumus maka sulit untuk menghilangkan kebiasaan merokok/Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok.Karena kebanyakan perokok dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti untuk merokok,namun tidak bisa.
Peringatan!!!!Rokok dapat membunuhmu dan masa depanmu....








Posting Komentar

0 Komentar