Apa itu 8D / 3D Audio Music(Ambisonic Music)? Gunakan Headphones dan efek mendengarkan musik 8D/3D

8D Music Audio
EVERYLOGI - Sampai saat ini penjelasan mengenai musik 8D sendiri masih dalam perdebatan, karena belum jelas bagaimana istilah musik 8D muncul. Karena sebutan tersebut dirasa kurang tepat diberikan. Karena pada dasarnya, teknologi saat ini hanya mendukung sistem 3 dimensi. Istilah yang tepat untuk musik ini adalah suara ambisonic(Ambisonic Music). Ambisonic music adalah music yang dibuat dengan bantuan teknologi yang dapat mensimulasikan suata secara penuh dan menciptakan efek surround sound, Hal inilah yang membuat saat kita mendengar musik ini suaranya akan terdengar dari segala arah. Saat mendengarkan musik jenis ini kalian disarankan untuk menggunakan Earphones, Headsets or Hands free. Teknologi jenis ini biasanya diterapkan pada Game Virtual Reality (VR) untuk mendukung sensasi real dan pengalaman ketika kita bermain VR.

Saat mendengarkan lagu jenis ini kalian akan merasakan sensasi suara yang seolah-olah berputar ditelinga dan kepala kalian. Kalian pasti penasaran bagaimana bisa teknologi ini dapat bekerja. Berikut kami sajikan informasinya.

Apa itu 8D/3D Audio/Ambisonic Music?
Sumber : sonicscoop.com
8D Audio adalah kelompok efek suara yang dapat memanipulasi suara yang dihasilkan oleh speaker stereo. Saat mendengarkannya kalian akan merasakan sensasi suara yang terdengar dari segala arah baik dari kiri maupun kekanan secara berulang-ulang. Bahkan jika kita mendengar suara dari kiri dan kanan saja kita sudah bisa merasakan dimensi jarak sumber suara tersebut. Kalian bisa menikmati lagu jenis ini dengan menggunakan Earphones, Headsets or Hands free. Istilah 8D Audio sepertiny terlalu berlebihan. Suara jenis ini lebih pantas disebut 3D karena hidup kita sehari-hari mengisi ruang 3D. Kita hanya membutuhkan tiga penanda dimensi untuk menentukan dari mana asal sebuah suara.

Jadi, istilah 8D Audio bisa dibilang hanya sebuah gimmick agar membuat tren ini menarik dan membuat netizen makin penasaran. Jika surround sound 5.1 atau 7.1 sudah tidak lagi menarik maka 8D Audio adalah cara untuk mencuri perhatian lagi.

Teknologi di balik 8D Audio
Sumber steemit.com
Sejak tahun 1970, kita sudah mengenal format surround sound full-sphere Ambisonics. Teknologi ini sudah banyak diadopsi untuk menciptakan audio yang berdimensi. Selain itu ada juga metode binaural recording. Binaural sendiri dapat diartikan sebagai mendengar dengan dua telinga. Metode ini mengharuskan kita merekam suara dengan dua mikrofon yang letaknya mirip dengan anatomi kuping kita. Proses perekaman dengan cara ini terbilang cukup susah karena harus membuat kepala dan kuping tiruan yang ukurannya akurat sehingga kualitasnya bisa optimal.

Namun, selalu ada cara yang lebih mudah untuk semua hal. Kamu bisa mengonversi audio stereo normal menjadi surround sound dengan bantuan software. Kamu bisa menggunakan software seperti Audacity dengan plugin Ambeo Orbit. Berita bagusnya, kedua aplikasi tersebut dapat kamu unduh secara gratis.

Channel 8D Audio terkenal
Sumber : youtube.com
Berkat kemajuan teknologi, kini para penyedia lagu-lagu 8D Audio sudah semakin banyak. Ada banyak penyedia musik 8D di internet, seperti 8D Tunes, 8D Era, Revo-luution, Aviion Music, 8D Chill. Semua lagu yang sudah diganti formatnya jadi 8D Audio bisa kamu nikmati di channel youtube mereka.

Ada satu hal lagi yang harus kamu tahu, yaitu impresi pertama mendengar 8D memang mengagumkan, namun saran saya jangan terlalu lama mendengarkannya karena bisa membuat pusing.

Posting Komentar

0 Komentar